Wujudkan Akses Informasi Nyaman bagi Disabilitas

WhatsApp Image 2021-03-31 at 08.17.15

YOGYA, KRjogja.com – Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk mendapatkan informasi tanpa terkecuali. Karena itulah sangat penting mengatasi kesenjaangan informasi yang hingga kini masih dialami penyandang disabilitas tersebut.

WhatsApp Image 2021-03-31 at 08.17.10 (1)

“Karena informasi merupakan hak setiap orang tanpa terkecuali. Karena itu, disabilitas juga sudah semestinya bisa mengakses informasi dengan layak dan nyaman,” kata Sholeh Mudlor dari Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (Sapda) dalam Pembinaan Lembaga Penyiaran bertajuk ‘Peran Aktif Lembaga Penyiaran dalam Penguatan Isu Difabel di Lembaga Penyiaran’ yang diadakan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY di Aula Diskominfo DIY, Senin (29/3).

Menurut Sholeh, guna mengatasi keterbatasan yang dimiliki penyandang disabilitas, penyajian informasi hendaknya secara sederhana. Menggunakan kalimat pendek, singkat dan mudah dimengerti.

“Bahkan hindari kalimat majemuk bertingkat,” ungkapnya.

Dengan akses yang nyaman, hal tersebut akan memudahkan disabiitas untuk memperoleh informasi. Pasalnya, meski hidup dalam keterbatasan, penyandang disabilitas juga butuh informasi terkait dengan perkembangan yang terjadi.

WhatsApp Image 2021-03-31 at 08.17.08 (1)

“Gunakan bahasa yang dipakai sehari-hari. Dengan penyajian bercerita, akan lebih mudah dipahami. Termasuk juga penggunaan bahasa isyarat agar memperhatikan kebutuhan disabilitas. Karena tidak semua bisa memahami isyarat,” sambungnya.

Sementara Wakil Ketua KPID DIY yang juga moderator kegiatan tersebut, Agnes Dwirusjiyati menjelaskan, DIY sebenarnya sudah memiliki perda atau regulasi lain terkait dengan disabilitas ini. Hanya saja sayang, regulasi tersebut lebih banyak mengatur mengenai kebutuhan fisik penyandang disabilitas tersebut.

“Padahal mereka ini juga memiliki kebutuhan akan informasi. Dan regulasi yang lebih detil mengatur hal itu belum ada. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bersama agar disabilitas memiliki akses informasi secara layak, baik dan nyaman,” ungkapnya. (Feb)

Sumber:

Wujudkan Akses Informasi Nyaman bagi Disabilitas

 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *