Pembekalan Magang KPID DIY periode Januari 2021

WhatsApp Image 2021-01-07 at 11.08.12

 (Yogyakarta, 7/2/2021) – KPID DIY memberikan pembekalan magang kepada empat mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang melakukan praktik kerja lapangan pada periode bulan Januari 2021 ini. Pembekalan dipimpin oleh Wakil Ketua KPID DIY, Agnes Dwirusjiyati, S.Pd.,M.H dan didampingi oleh Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran yang baru, Noviati Roficoh, S.I.Kom.

Sebelum melaksanakan program magang, mahasiswa di berikan materi terkait ruang lingkup tugas dan fungsi lembaga KPID DIY. Komisioner menyampaikan tugas mahasiswa yang utama adalah Pemantauan. Pemantauan dibagi menjadi beberapa tema, yaitu pemantauan Silonas dan Reguler. Di KPID DIY mahasiswa dapat melakukan pemantauan isi siaran pada LPS, LPK dan LPPL baik Radio maupun Televisi. “Jangan membuat siaran yang menebar kebencian atau membuat masyarakat terpecah belah”, ungkap Agnes. Jika menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan maka, pemantau wajib untuk mencatat dan menganalisis isi siarannya.

WhatsApp Image 2021-01-07 at 11.08.13 (2)

Jadwal pemantauan akan disesuaikan dan diatur, baik dari KPI maupun KPID. KPI Pusat  memberikan jadwal pemantauan kepada KPID diseluruh Indonesia, apabila KPI tidak memberikan jadwal khusus maka Pembimbing Lapangan KPID DIY akan menyusun jadwal rutin yang disesuaikan dengan Situasi dan Kondisi terkini.

Mahasiswa magang juga diharapkan mampu memberikan kontribusinya sebaik mungkin dalam bidang Pengawasan isi Siaran sehingga dapat membantu KPID DIY menegakkan siaran yang sehat dan berkualitas terutama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *